1.1.1 Visi

Pada tahun 2020 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang unggul di kota Bandung dalam bidang pengembangan ilmu Akuntansi dan Manajemen yang menghasilkan tenaga profesional berbasis Syariah.

Penjelasan kata kunci:

Unggul: STIEM Bandung mampu menjadi pilihan utama calon mahasiswa pada perguruan tinggi swasta di Kota Bandung.

 Profesional: Lulusan STIEM Bandung memiliki kompetensi pada bidangnya sesuai perkembangan dunia usaha, memiliki integritas dan kredibilitas dalam melaksanakan tugasnya.

Berbasis Syariah: STIEM Bandung melaksanakan proses belajar mengajar dengan mengintegrasikan pemahaman konsep dan praktek sistem ekonomi syariah, sehingga lulusan mampu mengembangkan usaha atau bekerja pada perusahaan syariah maupun perusahaan konvensional.                    

1.1.2  Misi

1        Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas pada bidang akuntansi dan manajemen

2        Menyelenggarakan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan pada bidang akuntansi dan manajemen dalam rangka memecahkan masalah ekonomi masyarakat serta menunjang pembangunan regional maupun nasional.

3        Melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi di bidang akuntansi dan manajemen dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

4        Menjadikan kampus STIEM Bandung sebagai pusat dakwah dan aplikasi ekonomi syariah.

 

 1.1.3      Tujuan

 

  1. Menghasilkan sumber daya manusia  yang memiliki kompetensi utama pada bidang akuntansi  dan manajemen
  2. Menghasilkan penelitian di bidang akuntansi dan manajemen yang dapat memperkaya keilmuan terutama yang berkaitan dengan pemecahan masalah ekonomi.
  3. Menghasilkan lulusan yang peka terhadap permasalahan masyarakat dan memberi kontribusi pemecahannya melalui berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mewujudkan STIEM Bandung yang berbasis syariah sekaligus sebagai  pusat gerakan dakwah muhammadiyah melalui pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

 

   

1.1.4  Sasaran dan strategi pencapaiannya

Sasaran dalam pencapaian tujuan STIEM Bandung tertuang dalam RENSTRA STIEM Bandung yang disusun berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua STIEM Bandung Nomor: 67/KEP/IV.3/AU/2015. Sasaran tersebut meliputi:

a. Bidang Pendidikan:

  1. Aktualisasi kurikulum
  2. Peningkatan mutu lulusan secara konsisten
  3. Peningkatan kualitas dosen
  4. Peningkatan kompetensi penunjang bagi mahasiswa
  5. Sarana dan prasarana

b. Bidang Penelitian dan Pengembangan

  1. Penyelenggaraan penelitian
  2. Peningkatan publikasi karya ilmiah

c. Bidang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

  1. Peningkatan kuantitas penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat
  2. Peningkatan kualitas penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat
  3. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat

d. Bidang Pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

  1. Penguasaan mahasiswa terhadap materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan
    1. Peningkatan kualitas pembelajaran dosen berdasarkan terintegrasinya materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam konten materi perkuliahan.

 

Strategi dan target pencapaian tujuan setiap tahun pada periode tahun 2016-2020, sebagai upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan STIEM Bandung disampaikan pada matriks sebagai berikut: